Ads

Senin, 16 Maret 2009

Dinamika Kehidupan

Untuk memulai suatu langkah yang baru alangkah baiknya dengan niat ibadah. Karena dengan niat ibadah tentu akan mantapss untuk menjalankan segala aktifitas yang akan kita jalani.

Disamping niat ibadah, doa dan restu dari saudara saudara tentu akan lebih memantapkan langkah langkah ke depan. Sebagaimana kata pepatah yang sering saya ucapkan dalam hati bahwa tidak ada sesuatu yang abadi kecuali perubahan "Nothing is permanent except change".


Setelah terbiasa dan akrab dengan kebiasaan lama, memang berat untuk menjalani sesuatu kebiasaan yang baru. Apalagi jika dengan lingkungan sudah akrab sekali tentu akan lebih sulit untuk meninggalkan.

Hidup memang bagaikan roda yang berputar akan selalu berotasi terus menerus seperti bumi mengelilingi matahari, piston yang maju mundur dalam rumah piston, bearing yang berputar dalam housing dan lain lain. Gambaran yang paling kecil yaitu atom juga sama dengan fenomena tersebut yaitu elektron-elektron yang mengorbit mengelilingi nukleus(inti atom). Sampai yang paling besar yaitu jagat raya. Pada saat ini banyak yang percaya bahwa hampir semua galaksi di alam semesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi. Hal tersebut membuktikan bahwa semua hal di dunia ini adalah dinamis. Dan tentu saja hal tersebut tidak berjalan dengan sendirinya tentu ada yang mengaturnya.

Saya percaya bahwa segala sesuatu sudah ada yang mengatur kita tinggal menjalani dengan mengucapkan syukur. Tentu hati akan terasa tenang tidak gundah gulana jika banyak bersyukur. Sebagaimana keyakinan yang saya anut maka alangkah baiknya menjalankan Shalat Istikharah jika ragu dalam memilih dua perkara atau lebih.

Bahwa sebenarnya yang harus kita jalani dalam hidup ini adalah proses karena hasil sesungguhnya sudah ada yang menentukan. Sekarang tinggal bagaimana menjalani proses tersebut apakah kita nikmati atau kita mengeluh. Dan tentunya dalam proses tersebut harus dibarengi dengan doa dan usaha.

P.S. Sekedar pengen nulis karena kehabisan bahan untuk posting.


88 komentar:

  1. alhamdulillah jika proses juga dihargai sebagai sebuah upaya, tapi kata kuci Dia yang menentukan apakah tergantung pada proses enggak ya, atau memang sudah ditentukan sebelum dilakukan, so... mbuh lah...(lmao)

    BalasHapus
  2. Semangat kang. Terus ngeblog, xixixi

    BalasHapus
  3. Kunci dari semua mungkin hanya rasa bersyukur kang...dengan bersyukur pasti kita bisa menikmati hidup dan merasakan kebahagiaan sejati...karena musuh sejati manusia itu hanya nafsu...
    Makin semangat yahhh

    BalasHapus
  4. i love proses
    kalo prosesnya baik insya ALLAh hasilya baik

    BalasHapus
  5. sepakat. intinya kalau kita bisa menikmati sebuah proses, maka hidup jadi lebih indah. perasaan saya pernah nulis tentang ini... :)

    BalasHapus
  6. Menjalani proses itu yg sulit..
    Proses menuju kedewasaan..
    Seperti kata guruku, "sekolah itu sebenarnya adalah tempat kita menjalani proses menuju kedewasaan. Bukan ilmu yg kita cari, tp kedewasaan"..
    Bila kita mempunyai sifat itu, dg sendirinya diri kita akan terpanggil mencari ilmu..
    Menurutku begitu maksud guruku itu..

    BalasHapus
  7. yang penting usaha dan doa harus dijalankan sesuai dengan porsinya masing-masing

    BalasHapus
  8. Urip ana Dalange, tinggal menjalankan.. Tapi Kang, kayane ini posting bukan sembarang posting, ada sesuai terpendam dibalik itu... hayooo bloko suto bae ono opo Kang...???

    BalasHapus
  9. bersyukur???
    hmmm, Allah SWT khan menjanjikan, klo kita bersyukur, pasti akan bertambah nikmat dari-NYA..

    BalasHapus
  10. Komentar saya di sini ini saya niati dengan ibadah...

    BalasHapus
  11. mati-hidup-mati-hidup;
    siklus ini takdir dengan segala perniknya; kalau ada proses di dalamnya tentu karena manusia juga ditakdirkan sebagai makhluk yang dinamik.

    BalasHapus
  12. ngeblog ngeplurk terusss hahahahahaha

    BalasHapus
  13. meninggalkan zona nyaman itu sangat sulit, kecuali diambil paksa, mau gak mau....

    ya dinikmati saja...

    BalasHapus
  14. segala sesuatu tergantung niat.
    niat postingnya saya terima kang...

    BalasHapus
  15. Teruskan dan luruskan langkamu sobat, insya allah ada keberkahan disana *berdoa tulus utk sahabat endar semoga langkahnya selalu bermakna ibadah*

    BalasHapus
  16. yang penting pasang niat yang bener

    BalasHapus
  17. Setuju mas, berbaik sanggka dengan apa yg kita terima adalah jalan terbaik dan lebih menentramkan hati kita

    BalasHapus
  18. yes. everything's change, but change itself :D

    BalasHapus
  19. Hidup harus disyukuri agar nikmat hidup kita bertambah.

    BalasHapus
  20. dan kalau boleh saya tambahkan; Bahkan perubahan itu sendiri berubah.

    Jadi pilihannya; berubah ikut perubahan itu atau pilihan lainnya; diri Anda diubah oleh proses perubahan.

    Hail Endar, excellence post.

    BalasHapus
  21. Apa kabar pak ^_^ .. Allhamdulillah masih eksis ngeblog sampe dengan sekarang. Yah, begitulah dinamika kehidupan pak. Kalau saya sedang berusaha untuk berpegang penuh pada dua kata kunci yaitu "Usaha dan Do'a". Dimana saat ini saya sedang berusaha untuk mencari prospek usaha yang tepat di barengi do'a agar segera jalan itu dapat di temukan. Dan jika Allah SWT sudah berkehendak dengan memberikan saya petunjuk, maka saya akan berusaha untuk menjalani itu dan sekali lagi tetap akan di padu kan dengan do'a. Yah, usaha dan do'a ...itu lah yang sedang saya coba galakkan di kehidupan pribadi saya untuk mendapatkan segala apa yang pernah saya cita-cita dan impi2kan. Amin

    ****btw, bener kan pak omonganku ini he..3x****

    BalasHapus
  22. semangat selalu kang...
    kehidupan ini akan selalu berarti dan bermakna..

    BalasHapus
  23. Tiada yang abadi kecuali perubahan

    1000% bener kang... aah...kontemplasi

    BalasHapus
  24. Dunia ini panggung sandiwara......
    berbagai perang dimaninkan.....
    Janganlah bersandiwara.....
    Jadilah diri sendiri.....

    BalasHapus
  25. perubahan memang abadi mas, lha wong dalam diri kita aja setiap detik selalu terjadi peruahan baik secara biologis maupun psikis ;)

    BalasHapus
  26. kalo rodanya selip? terus ngak mau muter?

    BalasHapus
  27. Hidup memang begitu, kadang kita berada di atas, dan kadang juga kita akan berada di bawah.

    BalasHapus
  28. berhenti ber-proses = berhenti produksi
    berhenti produksi = wah, tinggal nunggu di-prosesi ajah

    BalasHapus
  29. Wah bro tak tambahin satu lagi deh yaitu putaran obat nyamuk, dimana akan habis di akhir ato pusatnya...

    Gak nyambung yak???

    BalasHapus
  30. gimana kabarnya sob??
    Mudah2an baik2 sajah...
    maav niy lama ga main kemari..*terhalang tugas yang super duper padat*

    BalasHapus
  31. semua tergantung pada yang di atas, sudah ada yang mengatur, manusia tinggal menjalani ...

    BalasHapus
  32. @khairuddin syach. aku baik baik saja sodara khay.. semoga kesibukannya membawa berkah..

    BalasHapus
  33. kok bisa kehabisan bahan posting
    he3x..

    BalasHapus
  34. sesekali memang harus ada pencerahan yang menggerakkan hati kita tetap agar semangat.
    setuju kang ......berusaha dan berdoa.
    wajib hukumnya!

    BalasHapus
  35. orang tua kita zaman dulu menggambarkan hidup itu bagaikan cakra manggilingan, seperti roda yang akan terus berputar. karena itu, kita dibari "fatwa" utk membiasakan hidup sakmadya dan bersahaja agar tak gampang silau oleh perubahan.

    BalasHapus
  36. Kalo kita ngikuti roda berputar enak kok!

    BalasHapus
  37. bener-bener kehabisan bahan posting ya bos... dari tulisannya keliatan, tetep semangat BRO

    BalasHapus
  38. Menurut (judul) buku yg gw baca (hehehe kayak sinetron *Kepompong"* ajah):
    Bersyukurlah Maka Engkau Menjadi Kaya

    BalasHapus
  39. bingung mau komentar

    nice post aja deh, hehe

    BalasHapus
  40. kalau kita bersyukur insyaalah nikmat akan ditambah oleh allah dan hati kita semakin bahagia, hanya sekedar share :)

    BalasHapus
  41. Setuju mas, Usaha tanpa Do'a, Sombong.. Do'a Tanpa usaha, pemimpi...
    Met kerja di awal minggu.. :-D

    BalasHapus
  42. Ayoo dunk lagi.....
    *pengikut setia FBG, posting sebulan sekali* hahahahaha

    BalasHapus
  43. Mampir beberapa kali belum di up-date juga ni Kang.. lagi sibuk offline ya??

    BalasHapus
  44. makasih udah memberi motivasi...
    ah..jalan2 sore pun dapet hikmah..

    BalasHapus
  45. update ramane.... uwis pindah rung..?

    BalasHapus
  46. kalu mau maju harus berani boss...
    jangan takut untuk meninggalkan situasi yang sudah menyenangkan, siapa tahu bisa lebih menyenangkan. amin..

    BalasHapus
  47. mas, templatenya koq nggak pernah dirubah juga sih

    :D

    BalasHapus
  48. orang yang bijak selalu memahami setiap proses dan menghargainya hahahaha
    salam semangat

    BalasHapus
  49. Selamat.. kang!! Rika sebenarnya gak kehabisan bahan postingan... nyatanya postingan ini ada dan hadir toh..??

    "Mengalir saja seperti air"

    BalasHapus
  50. ada kurang sedikit bos, doa restu dari kedua ortu juga penting tuh...

    BalasHapus
  51. wah bener nih udah kehabisan bahan buat diposting diblog,sampai hari ni belum diupdate lagi!

    BalasHapus
  52. Nothing is permanent except change. yes I agree

    BalasHapus
  53. Semangat terus mas :) sukses yah xixixi

    BalasHapus
  54. proses pendewasaan memang sulit mas, terlebih bagi anak muda yang masih labil

    BalasHapus
  55. yah emang begitulah hidup

    BalasHapus
  56. keren analoginya mas, dinamisnya hidup bagaikan atom yang ada di alam semesta ini.

    BalasHapus
  57. kita hanya menjalani kang

    BalasHapus
  58. terharu banget nih baca artikelnya mas, keren abis

    BalasHapus
  59. menata niat itu emang susah sih...padahal ini adalah pondasi amal kita ya hehhee....

    BalasHapus
  60. catatan tukang yg sukses lebh tepatnya :D

    BalasHapus
  61. perjalanan hidup penuh rasa dan warna..

    BalasHapus
  62. yah itulah yang namanya realita kehidupan.

    BalasHapus
  63. perjalanan asam dan manis itu adalah warna dalam kehidupan,tanpa adanya itu kehidupan tidak akan berwarna.

    BalasHapus
  64. thanks gan artikel sangat bermanfaat buat saya.

    BalasHapus
  65. yang namanya hidup pasti tidak semulus apa yang kita bayangkan,itu tergantung dari cara kita menyikapinya aj.

    BalasHapus
  66. betul ... berawal dari syukur, semua akan jadi lebih baik

    BalasHapus
  67. Artikel yang bermanfaat neh gan. salam kenal. ijin baca2 artikel lainnya ya. thanks

    BalasHapus
  68. terima-kasih-atas-informasinya

    BalasHapus
  69. Informasinya lua biasa sekali sangat bemanfaat... Banyaksekali peljaran yang saya dapatkan setelah saya berkunjung keblog ini...
    terimakasih banyak informasinya
    Semoga sukses selalu....

    BalasHapus
  70. terimakasih banyak atas informasnya...
    Saya mendapatkan pengetahuan yang begitu laur biasa sekali...
    semoga semakin sukses...

    BalasHapus

Terima kasih anda telah menuliskan URL/link hanya pada kolom URL bukan pada kotak komentar.
NO SEX NO SARA