Ads

Sabtu, 16 Mei 2009

Ngumpulke balung pisah

Saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga sekali dari perjalanan saya kemarin. Untuk keperluan pindah saya numpang di rumah saudara sepupu yang tinggal di daerah Bogor. Saudara tersebut adalah anak dari pakde. Setelah bapak saya meninggal tahun 1994 jalinan silaturahmi menjadi agak renggang. Intensitas berkunjung juga sangat berkurang dibanding saat bapak saya masih hidup. Jarang sekali bertemu dengan mereka, pada saat mudik lebaran juga tidak ketemu.

Pada tahun 80an ada beberapa saudara yang menumpang di rumah bapak. Meskipun secara ekonomi saat itu kami pas-pasan tapi masih mending dibanding dengan saudara-saudara saya. Banyak sekali kejadian lucu dan mungkin tidak mengenakkan bagi dia, sebagai contoh ibu saya pernah mengusir dari kamar gara-gara badannya bau sekali.

Setelah mendapatkan alamat dari sms yang dikirim oleh sepupu segera saya cari alamat. Saat turun dari kendaraan umum, saudara sudah menunggu di depan rumah, saya terperanjat luar biasa melihat rumahnya. Rumah yang sangat besar dan fasilitas lengkap yang biasanya hanya saya lihat di sinetron.

Sepupu saya tersebut sungguh seorang yang sangat ulet dalam berjuang baik untuk dunia maupun akherat hal tersebut saya ketahui dari obrolan kami bahwa dia telah naik haji dan membiayai haji untuk kedua orang tuanya. Diapun santun dalam berkata meskipun dari segi umur dan ekonomi sekarang saya jauh sekali dibawahnya.

Gaya hidupnya juga sederhana memang saya lihat dia punya beberapa mobil mewah diantaranya fortuner, tapi itu untuk keperluan usaha bukan untuk sekedar gaya. Dan anaknya tidak ada yang tukang nggame sulumits retsambew tapi rajin belajar.

Ibu saya sekarang sering kali menyesali perbuatan terhadap sepupu saya tersebut. Sekarang ibu saya sifatnya berubah drastis berbeda sekali dengan sifatnya saat masih muda. Terakhir saya tahu ibu saya membantu muridnya yang tidak mampu.

Pelajaran manis yang bisa saya petik dari pohon pengalaman tersebut adalah hidup ini ternyata bagaikan putaran roda yang mana posisi pentilnya bisa di atas, di bawah atau di samping. Tidak ada gunanya menyombongkan harta. Jangan semena-mena terhadap orang yang berada di bawah kita.



97 komentar:

  1. Tulisanmu kok lugu banget to mas?

    BalasHapus
  2. Ini kunjungan pertama saya di blog ini.
    Salam kenal mas... tulisannya sangat enak di baca :)

    BalasHapus
  3. Roda kehidupan memang bundar hingga tak tahu kapan berada di bawah kapan di atas. Yang penting tetap bersyukur dengan apa yang kita miliki..

    BalasHapus
  4. Tulisanmu marai... marai... marai... kepingin ndelok wadi lan koreksi diri dab!

    BalasHapus
  5. Dulurmu usaha apa Kang?? nyong melu sinau lah

    BalasHapus
  6. Bener kuwe kang, sekarang dibawah besok diatas. Sekarang diatas besok lebih atas lagi :)

    Memang sedulur angger ora di tuk-tukna pada ilang.

    BalasHapus
  7. kalo rodanya selip terus mandek gimana bos?

    BalasHapus
  8. mau belajar dari pengalaman mas endar ah

    BalasHapus
  9. seko kekancan dadi bebrayan

    BalasHapus
  10. tamu adalah raja
    maka hormatilah..
    wkwkwk..

    BalasHapus
  11. betul sekali mas, pelajaran yang sangat berharga saya dapat dari postingan iki. luar biasa!

    BalasHapus
  12. roda berputar....
    tak selamanya berada diatas
    hidup memang penuh misteri

    tulisane inspiratif sekali kang

    BalasHapus
  13. Sebelum komen... dengan penuh rasa sesal ijinkan saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tak bisa memenuhi rencana kita untuk bertemu di Jakarta.

    Yaaa..., itulah hidup... Menjadi rahasia Sang Maha Hidup...

    BalasHapus
  14. jangan menyepelekan orang dibawah kita yang memberi saling nikmat (lmao)

    cokromanggilingan mas, gimana caranya roda berputar cepat aja, kan nggak kerasa...

    BalasHapus
  15. apapun perputaran roda..
    jangan lupakan charger saya :))

    BalasHapus
  16. roda selalu berputar.
    ang tetap cuma ban serep. hanya dipakai sewaktu-waktu saja...

    BalasHapus
  17. dianayangbaikdanlucu19 Mei 2009 12.15

    trus selanjute kepriben Ndar? Dulurmu wis sugih masa kowe esih mbalung eh!! esih kaya balung baen? enggane apa balung kere urat susah?! sing ikhlas baen ya kang... wkwkwkwkwkw...

    BalasHapus
  18. Kehidupan bagai timbangan, selalu bergoyang. Saat berat dan angka pas, ia senantiasa adil. Saat terlalu berat beban yg ditimbang atau sebaliknya, ia senantiasa melonjak, antara ke atas atau ke bawah (timbangan dacin) hehehe

    BalasHapus
  19. Semoga Mas Endar ketularan suksesnya, sukses ndonya sukses akherat...
    Selamat atas manunggalnya balung pisah.

    BalasHapus
  20. Roda terus berputar apabila ada yang memutarnya..

    BalasHapus
  21. Update kang ana inet unlimited mung 3 ribu perak perhari..

    BalasHapus
  22. kang, kepriwe rika? sehat?

    tentang postinga kiye, emang bener,..roda kehidupan terus berputar, kita jangan semestinya harus menangis ketika ada di atas, karena selanjutnya akan berada di bawah,..

    wah pinter rika euy?

    BalasHapus
  23. Aku Jadi terharu bozz... hukhuk ..

    BalasHapus
  24. He.h.e.. iya, rika arep ngrungokna peang kae neng nggonku wis tek pasang :)

    BalasHapus
  25. moga2 tahun ini putaran roda saya diatas ah...mode:pengen

    BalasHapus
  26. Yang namanya hidup adalah perubahan... hidup statis berarti tak ada kemajuan...benar begitu mas Endar ?

    BalasHapus
  27. pengalaman adalah guru yang berharga. Tentunya pengalaman dari orang lain juga...

    BalasHapus
  28. selamat malamdan salam kenal....wah tulisan yang sederhana dengan isi yang tertera pada akhir tulisan....mantabbb, memang betul sekali kang....hartanya dinikmati sebentar saja...gag perlu kita sombongkan......thanks for sharing pengalamannya....

    BalasHapus
  29. Ndar....keren banged ceritane....
    wah..wah... enak kalo punya sodara sugih ndar. ya minimal bisa numpang nginap dikamar sing one acne... tul ra son...

    dah jadi pindahan ya...??

    BalasHapus
  30. maaf nih baru mampir...

    nice story...banyak hikmah bisa dipetik dari kisah ini..

    BalasHapus
  31. ya... roda memang berputar.. :)

    BalasHapus
  32. @edylaw
    terima kasih atas kunjungannya
    @gajah_pesing
    ya betul kata kuncinya bersyukur
    @senoaji
    iyo kang aku juga pengen koreksi diri
    @Bawor
    sing jelas ora usaha mendoan kang
    @Seno
    wekekek kepengene kang
    @suwung
    rodanya slip ganti roda kotak aja
    @BRI net
    makasih mas
    @Pradna
    iya kang kuwi sing tak harapkan
    @annosmile
    monggo raja
    @detEksi
    terutama bagiku mas sangat berharga
    @galuharya
    setuju kang
    @itempoeti
    iya kang masih banyak kesempatan untuk bertemu
    @suryaden
    wekekekek aku posisine seneng di bawah je
    @novi
    beres mas chargernya tetap saya simpan
    @~noe~
    ban serep itu perlu
    @dianayangbaikdanlucu
    makasih atas komentarnya
    @beat2ws
    timbangan kudu ditera mas
    @marsudiyanto
    aminnn makasih pak
    @kristanto
    betul sekali mas
    @Unlimited 3 ribu per hari
    langsung ke tkp
    @dede
    sehat selalu kang makasih
    @Pixel
    saya juga
    @Seno
    langsung ke tkp kang
    @boyin
    saya juga pengen banget
    @Jahid KLW
    betul sekali pak
    @hartanto wicaksono
    betul sekali hank
    @shiela
    iya nih saya mau nulis yang nggak sederhana susah banget hehehe
    @khairuddin syach
    nginep tempat mas khai boleh nggak.. belum pindahan mas
    @atca
    makasih mbak
    @ichanx
    memang betul sekali mas

    BalasHapus
  33. Nyong malah tembe duwe balung anyar kang he.h.e..

    BalasHapus
  34. Pengalama yg bagoss dan menarik :D

    semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari kejadi tersebut untuk jadi pelajar hidup berikutnya.

    BalasHapus
  35. di atas apa di bawah, sama sama msti ttp rendah hati

    BalasHapus
  36. Cokro manggilingan mbok arane?
    ndak perlu kumalungkung ketika berada di atas ... ada saatnya pasti anjlog mengisor...

    BalasHapus
  37. Aku pernah mengalami.....
    Huu dadi kelingan sing ora-ora....

    BalasHapus
  38. balung pisah kudu dikumpulne, sakdurunge kepaten obor...

    BalasHapus
  39. hidup memang bak roda berputar mas...
    kadang neng nduwur kadang neng ngisor, lha nek rodane mandeg kuwi repott mas...

    BalasHapus
  40. iya wis tak jajal mau, nganggo keywaords miyabi mpg, ana blog ge rika

    BalasHapus
  41. Aq nongol mas. Hehehehe. Maaf ya kalo aq baru nongol. Begitulah mas yg namanya kehidupan. Kita tak pernah tau apa yg akan terjadi esok hari. Tapi satu yang pasti, lakukan saja yang terbaik untuk hari ini. Semangat ya mas. Thanks juga udah ngasih semangat di postinganku kemarin ya mas.

    BalasHapus
  42. rendah hati wajib hukumnya, berani sombong....tunggu akibatnya.

    BalasHapus
  43. Bangun malem gak bisa tidur lagi, ya jalan jalan.. Kang asli inyong salut ama sepupu njenengan.. saka ceritane biar wis berlimpah tetep eling karo wong cilik.. moga nanti kalu kita semua ditaraf dia tetep bisa prasojo.. amin

    BalasHapus
  44. inspiratif ceritanya mas

    BalasHapus
  45. @Seno. selamat kang semoga menjadi anak yang berguna

    @rizky. terutama bagi saya mas. makasih

    @Cebong Ipiet setuju mbak bong

    @Mr.Cho. iyo bener kang cokro manggilingan

    @Xitalho. podo berarti kang

    @Andy MSE. kepaten obor luwih gawat kang

    @bang ciwir. rodane mandeg ganti ban serep

    @dede. hooh kang

    @rampadan. welkam bek

    @Ersis Warmansyah Abbas. betul sekali pak ersis

    @sepur. kalau sombong durex tidak apa2 ya pak

    @Kahono. amin

    @Taktiku. makasih mas

    BalasHapus
  46. numpang lewat ah kang

    BalasHapus
  47. @awie. mangga kang rika jere lagi sakit apa kang?

    BalasHapus
  48. setuju sekali
    kehidupan kita ibarat roda yg terus berputar
    kadang diatas kadang dibawah

    BalasHapus
  49. iyo kang, sok neng nduwur sok neng ngisor, nek nduwur ngisor bebarengan kuwi jenenge gaya 69...

    BalasHapus
  50. *ngakak moco komene grubik*

    yg jelas, kapanpun jgn sampe lupa diri

    BalasHapus
  51. hidup memang begitu... semoga rodanya bisa berputar cepat biar yg kaya tdk itu2 saja, hehehe...

    BalasHapus
  52. Itulah kenyataan hidup mas.. makanya kita musti selalu tergar menghadapi dan menjalaninya..

    BalasHapus
  53. alhamdulillah bisa sadar dan berubah, itu adalah anugerah

    BalasHapus
  54. artikel yang menarik mas

    BalasHapus
  55. waduh cerita teladan niiihhh,,,, thanks for share

    BalasHapus
  56. satu saudara beda nasip, sama dong

    BalasHapus
  57. hukum alam.. pengalaman hidup yg manis.

    BalasHapus
  58. dunia ini memang berputar jadi tidak pantas jika kita menyombongkan diri saat kita berada di atas karena bisa saja dengan tiba-tiba kita berada di bawah....

    BalasHapus
  59. semoga hubungan antar sodara bisa lebih erat lagi....

    BalasHapus
  60. semoga tali silaturahmi bisa terjalin erat lagi...

    BalasHapus
  61. pelajaran yang sangat berharga tuh gan..
    saat kita berada di atas memang kita tidak boleh sombong karena kita juga bisa tiba-tiba berada di bawah..

    BalasHapus
  62. pelajaran yang berharga mas thanks sharenya

    BalasHapus
  63. ngumpulke-poro-sedulur-bukan?

    BalasHapus
  64. Informasinya lua biasa sekali sangat bemanfaat... Banyaksekali peljaran yang saya dapatkan setelah saya berkunjung keblog ini...
    terimakasih banyak informasinya
    Semoga sukses selalu....

    BalasHapus
  65. Saya ingin belajar pengalaman dari mas...

    ijin yang tertarik
    Yang lagi bingung mencari Souvenir Boneka Pengantin, kami ada untuk membantu mengatasi anda menyediakan souvenir Boneka Pengantin, prodak kami sangat bagus menyusaikan selera konsumen serta pelanggan kami, silahkan segera menghubungi kami untuk mendapatkan prodak Boneka Pengantin dari kami, prodak kami terbuat dari bahan flanel yang bagus serta kualitas dan dikerjakan oleh tangan yang berpengalaman dalam pembuatan Boneka Pengantin,
    Untuk warna + ukuran bisa Rikues sesuai keinginan anda, Harga kami berfariasi sesuwai ukuran serta Toping….

    “Spesifikasi harga dan tinggi boneka Dari kami”
    single 22cm 40rb+nama
    Single 22cm 50rb+nama+hiasan
    (box 10x10x26cm)
    Couple 22cm 93rb+nama
    (box 15x10x26cm)
    couple 25cm 103rb+nama+hiasan
    (box 20x15x30cm)
    pengantin 22cm 103rb+nama
    (box 15x10x26cm)
    pengantin 25cm 113rb+nama+hiasan
    (box 20x15x30cm)
    boneka family 22cm 3-5 orang @40rb,+box 15rb
    (box 20x15x26cm)
    boneka family 22cm lebih dari 5 dst @35rb +box 15rb
    (box menyesuaikan)

    Lebih jelas Hubungi Kami di :
    A/N : FIFI NUR SUSANTI
    Fb : tokoaksesorisantik
    Website: tokoaksesorisantik.com
    NO. HP : 085 642 342 868
    PIN BB : 21A1A96B

    BalasHapus
  66. terimakasih banyak atas informasnya...
    Saya mendapatkan pengetahuan yang begitu laur biasa sekali...
    semoga semakin sukses...

    BalasHapus
  67. Tutorialnya SANGAT Bermanfaat Sekali.. Thk’s..

    BalasHapus
  68. Postingannya PADAT Dan JELAS,, Update Terus Ya…

    BalasHapus

Terima kasih anda telah menuliskan URL/link hanya pada kolom URL bukan pada kotak komentar.
NO SEX NO SARA