Ads

Sabtu, 04 Juli 2009

Budaya

Meskipun bukan budayawan, pengamat politik, atau blogger nasional akan tetapi pada posting ini saya yang hanya seorang toekang akan belajar mengenai budaya. Hal ini terinspirasi dari beberapa daerah yang pernah dan akan saya tinggali.

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.


http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya


Kehidupan individu selalu dibatasi oleh norma yang berlaku di masyarakat. Nilai adalah suatu konsep yang berlaku pada individu mengenai baik dan buruk, pantas dan tidak pantas, benar dan salah. Nilai sosial yang berlaku di masing-masing tidaklah sama, nilai sosial di suatu masyarakat bisa dianggap baik tapi di masyarakat yang lain dianggap tidak baik. Norma sosial selalu berisi petunjuk larangan ataupun perintah. Norma norma selalu tumbuh dan berkembang di masyarakat untuk menjadi pngendali dan pengikat dalam kehidupan bermasyarakat.

Yang menjadi masalah dan pertentangan batin adalah suatu nilai yang menurut hati nurani baik tapi tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Hal tersebut tentu menjadi beban bagi individu yang menjalani.



Budaya macet yang membuat pusing. Himbauan untuk merokok dan larangan merokok berebut space iklan. (di sebuah tempat di Jakarta yang saya tidak tahu nama daerah tersebut)


Semoga engkau mampu beradaptasi di kebudayaan yang baru.

Mohon doa restu agar semua lancar terima kasih.

123 komentar:

  1. iya mas yang kita nilai baik atau bner belum tentu baik di hadapan masyarakat.. tapi ya itulah yang namaya bermasyarakat... hemmm

    BalasHapus
  2. budaya nyontek juga bagi pelajar hahah

    BalasHapus
  3. hmmm ... akhirnya jadi pindahan juga, mas endar. bersama keluargakah? semoga lancar dan selamat serta bisa beradaptasi dengan budaya yang baru.

    BalasHapus
  4. selamatkan budaya indonesia

    BalasHapus
  5. hehehehe.... tapi budaya korupsi semakin membudaya keliatanya mas yak...serta budaya tidak malu tentunya
    nice post mas...hehehehe

    BalasHapus
  6. sudah menjadi budaya...

    selamatkan budaya korupsi..
    karena sudah meng-indonesia sekali...

    BalasHapus
  7. Wekekeke.... gak usah jauh-uauh kang coba kita peroksa bungkus rokok..hehehe..

    Biarkanlah. yg akan terjadi terjadilah....

    BalasHapus
  8. salam untuk mbak endar dan si kecil ya kang. wah sedang liburan tuh ya

    BalasHapus
  9. budaya dibentuk oleh kombinasi dari sistem nilai (value system) dan sistem keyakinan (believe system), ethos dan mythos.

    yang harus diktengahkan kembali adalah, "mana sesungguhnya ethos dan mythos kita sebagai sebuah bangsa?"

    BalasHapus
  10. semoga tetap memegang penuh apa yang dibawa sejak lahir,

    dimana kaki dipijak, gak usah repot menjunjung langitnya (kurang gawean) wkwkwkkwkwkkkwk

    budaya emping juga lagi membudaya lhooooo (lmao)

    BalasHapus
  11. yang penting ketika kita diingatkan oleh sebagian masyarakat umum yang sebenarnya buat kebaikan bersama jangan berlindung dibalik hak asasi manusia...inilah yang terkadang bikin saya kesel...kenapa didunia ini makin banyak orang yang bengal ketika diingatkan langsung berbalik menghujat dan berdalih INI HAK ASASI SAYA..!!!

    BalasHapus
  12. Liburan apa pindahan nih mas jadinya...?

    BalasHapus
  13. kayak petikan lgu.. "...itulah indonesia raya"

    BalasHapus
  14. yahhh, kirain ketemu di pesbuk tadi :D

    ga taunya templit pesbuk.. xixixixi

    pindah kemana kang?

    kayake lebih bagusan tempat yang bakalan ditempati skg :)

    BalasHapus
  15. Budayakan kasih komen kang...
    :D

    BalasHapus
  16. huuhhh iya ya .. mari budayakan CommentWalking hehehehe (lmao)

    BalasHapus
  17. selamat dan sukses di daerah budaya baru, kang

    BalasHapus
  18. ada adaptasi budaya, ada asimilasi budaya... apapun itu... sukses selalu!

    BalasHapus
  19. budaya kita emang harus dijaga! hangan sampe dicuri sama malinsia lagi.. betul? :)

    BalasHapus
  20. norma adalah kesepakatan tidak tertulis dari berbagai individu. tentu saja tidak semua invididu sejalan dengan norma itu. ini sesuatu yang wajar asalkan tidak ditunjukkan secara frontal dengan menyrang norma yang sedang berlaku.

    BalasHapus
  21. Mari kita hidup membudaya . . Insya Allah

    BalasHapus
  22. era sekarang, banyak yang minder dengan budaya lokal, takut dibilang kolot, jadul, nggak njaman, de el el.

    apakah saya juga begitu ya?
    hmmmm

    BalasHapus
  23. semoga sobat bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru....

    BalasHapus
  24. Lha itu kok sempet2e moto2 segala ndar... *tapi hasile apik son* Two thumbs up

    BalasHapus
  25. Postingan yang bagus bro...
    salam kenal

    BalasHapus
  26. benar belum tentu baik
    "aturan dan etika yang selaras" adalah kebaikan

    BalasHapus
  27. Ayo..mana postingan barunya....???
    Semangat ndar... *niy..minum extrajoss*

    BalasHapus
  28. kita itu apa-apa kok dianggap budaya toh... hahhaa... ada budaya blogger penjilat, blogger organizer, blogger monetizer,... semakin menyuburkan budaya pecah belah saja... budaya pusat budaya daerah... halah...

    BalasHapus
  29. selamat menempuh hidup baru..
    semoga semakin bersinar (worship)

    BalasHapus
  30. semoga rejekine tambah lancar!!! tapi ojo kawen maneh lho ya .. hihihi

    BalasHapus
  31. Jakarta oh Jakarta.. Indonesia Oh Indonesia..

    BalasHapus
  32. Mampir sob...njaluk udute son *kehabisan stok niy*

    BalasHapus
  33. Mampir pagi,..priwe kabare lawas kiye?...lur?

    BalasHapus
  34. semoga krasan di tempat dan linkungan yang baru

    BalasHapus
  35. Sejak pindah kok budaya postingnya menurun Mas Endar?

    BalasHapus
  36. mampir golek bolo kie maklum anyaran

    just another newbie blog
    maseta.info adalah web portal untuk saling berbagi pengetahuan dan informasi terkini tentang joomla, blogger, internet, berita hot, foto artis, video lucu, free download mp3

    BalasHapus
  37. semakin hari semakin jarang update niy. aku tahu sobat pasti sedang sibuk.
    semoga segala urusan beres...

    BalasHapus
  38. dan saat ini yg lagi membudaya adalah ngeblog hehhe
    salam kenal mas

    BalasHapus
  39. ayo renungan budaya ning kalibacin kebasen :)

    BalasHapus
  40. wah takirain masnya yang jadi badut... assyik ya... tapi emang gitu sekarang mas semua kota besar pada macet semuanya... entahlah bagaimana pemerintah mengaturnya... salam kenal dari saya mas mampir2 ya mas kasih kritik dan saran juga

    BalasHapus
  41. spakat bro. kita support kreaktivitas n inovasinya, good luck ! n salam kenal :)

    BalasHapus
  42. Lah, tela ko..! Apalagi kalo di Jakarta, tiada hari tanpa muaceeet cet cet. Pokoke kalo dijakarta umure dewek entong neng dalan :(

    Angger ngomong soal budaya, Siki lengger karo ebeg banyumasan wis langka ya kang.

    BalasHapus
  43. namanya juga orang indonesia :d

    BalasHapus
  44. beberapa Yang harus dihilangkan : budaya narkoba, budaya porno, budaya menghujat dll wah.. bayank ya..?

    BalasHapus
  45. sip teruskan sob , lestarikan budaya indonesia nieh jangan sampai ada yang di malingin lagi

    BalasHapus
  46. Indonesia oh indonesia. Sering kita dengar sering pula kita membanggakan adat ketimuran kita yg katanya identik dgn keramahtamahan serta sling gotongroyong.Tapi saat ini bangsa kita sakit,banyak msalah. Apa yg salah?

    BalasHapus
  47. budaya Indonesia yang perlu diselamatkan

    BalasHapus
  48. budaya budaya budaya,,,,,,

    eh tapi jangan sampai dicuri negara lain

    BalasHapus
  49. kembali ke budaya timur kita..

    salam

    kedaiobat

    BalasHapus
  50. indonesia negri kaya akan budaya

    BalasHapus
  51. Memang budaya itu lahir dari interaksi sosial atau bermasyarakat.

    BalasHapus
  52. Saya rindu akan sebutan bangsa Indonesia yang berbudaya, tapi anak muda sekarang lebih cinta budaya asing daripada budaya sendiri, mulai dari pemilihan pakaian hingga ke gaya hidup.

    BalasHapus
  53. I think its a pretty good idea not that there aren't other sites out there that already do something similar but I think it might catch on here pretty well.Monogram Multicolor

    BalasHapus
  54. tetap semangat kang untuk memperjuangkan budaya negara kita.

    BalasHapus
  55. indonesia memang penuh dengan budaya

    BalasHapus
  56. coba ada budaya menanam 2 pot tanaman penyerap racun, bagusnya sih lidah mertua.
    kalo 1 juta penduduk aja yang ngelakuin. Indonesia bisa bebas polusi kayaknya :)

    BalasHapus
  57. indonesia memang kaya akan budaya

    BalasHapus
  58. Mari kita lestarikan budaya Indonesia ..jangan sampai budaya kita dicolong lagi oleh M*l****a..

    Ganyang Malingsia.. :)

    BalasHapus
  59. hidup di indonesia banyak ragam budaya, harus pintar2 kita beradaptasi dengan budaya itu sendiri(sok tau *mode:on)

    BalasHapus
  60. kekayaan budaya indonesia adalah nilai lebih

    BalasHapus
  61. Budaya beda dengan agama ya..tidak wajib:)

    BalasHapus
  62. budaya kita makin luntur gan..

    BalasHapus
  63. Budayakan korupsi sejak dini ja deh..hehe
    Lam knal smuanya. . . .

    BalasHapus
  64. Negara lain pada menonjolkan budayanya sendiri, ehh kita malah meniru budaya barat. Kapan mau maju gan :-D

    BalasHapus
  65. bagi saya, budaya tu membentuk karakter bangsa. awalnya ada sesuatu yang biasa, lalu dibiasakan, dan dilakukan berulang, lalu jadi sebuah tradisi yang tidak bisa ditinggalkan. Klo kebiasaanny abgus akan membentuk budaya yg bagus juga, klo kebiasaannya jelek jadi rusaklah negara ini

    BalasHapus
  66. budaya indonesia harus dijaga..

    BalasHapus
  67. budaya adl hasil cipta, rasa, dan karsa..

    BalasHapus
  68. kita harus menjaga budaya setiap daerah sebagai warisan bwt anak cucu kita....

    BalasHapus
  69. budaya tuh harus dilestarikan.asal jangan budaya korupsi aja yang dilestarikan....

    BalasHapus
  70. sekecil apapun nilai nilai budaya yang terdapat dalam bangsa ini haruslah kita jaga bersama sama

    BalasHapus
  71. selamat mas semoga suses selalu

    BalasHapus
  72. sekilas info
    kebudayaan di indonesia sungguh sangatt beragam...

    BalasHapus
  73. Budayanya orang indonesia banyak terutama budaya2 yang kurang baik dan sebenernya ga pantes untuk dikatakan budaya h00

    BalasHapus
  74. berbicara budaya, indonesia sudah jauh dari budaya yang sesungguhnya. justru mengikuti budaya2 luar telah jelas keburukannya.

    BalasHapus
  75. I would like to thank you for sharing your thoughts.

    BalasHapus
  76. Wah banyak yang komen seolah paham saja dengan budaya,,wkwkwkwkwwk
    lucu banget kalau lioat org nyepam

    BalasHapus
  77. haha,, budaya indonesia ternyata banyakan budanya negatifnya ya,,kasian jugha,,hhee

    BalasHapus
  78. Jakarta memang sangat terkenal dengan budaya macetnya gan ,

    BalasHapus
  79. terimakasih-atas-informasinya

    BalasHapus
  80. Informasinya lua biasa sekali sangat bemanfaat... Banyaksekali peljaran yang saya dapatkan setelah saya berkunjung keblog ini...
    terimakasih banyak informasinya
    Semoga sukses selalu....

    BalasHapus
  81. terimakasih banyak atas informasnya...
    Saya mendapatkan pengetahuan yang begitu laur biasa sekali...
    semoga semakin sukses...

    BalasHapus
  82. Saya merasa selama ini kebudayaan direduksi menjadi sekedar tari, pakaian, dan yang sejenis. Padahal cara berfikir, cara merasa, dan cara bertindak adalah juga budaya.....

    BalasHapus
  83. Makasih Gan Artikelnya Sangat Bermanfaat...Sukses Selalu Gan.

    BalasHapus
  84. Thank's ya gan atas infonya. .
    salam sehat dan sukses untuk blognya

    BalasHapus
  85. Tutorialnya SANGAT Bermanfaat Sekali.. Thk’s..

    BalasHapus
  86. Informasinya SANGAT Membantu, Terima Kasih..

    BalasHapus

Terima kasih anda telah menuliskan URL/link hanya pada kolom URL bukan pada kotak komentar.
NO SEX NO SARA